narti

Selamat Datang di Blog Narti Ahmad . Bergerak, Tergerak, Menggerakkan. Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar
SELAMAT DATANG DI BLOG NARTI AHMAD

Thursday, May 25, 2023

WORKSHOP DIGITAL GURU

 Ikatan Guru Indonesia (IGI) Gelar Workshop Literasi Digital (SAGUSAMED dan SAGUSAPIJAR/EDU GAME) dan Launching Pekan Raya IT Se-KALBAR

 


    Ikatan Guru Indonesia (IGI) kota Singkawang kembali mengadakan Workshop Wisata Digital Guru 2023 bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Singkawang dalam rangka untuk meningkatkan implementasi dan kompetensi digital bagi guru pada hari Sabtu, 20 Mei 2023. Acara ini diselenggarakan di Aula Pertemuan Taman Teratai Singkawang yang merupakan salah satu tempat wisata yang terlatak di Kota Singkawang.

    Workshop "Literasi Digital (SAGUSAMED dan SAGUSAPIJAR/EDU GAME)" yang dibuka dengan sambutan dari Alkindi, S.Pd selaku ketua IGI Kota Singkawang dan dilanjutkan dengan Bapak Safari Hamzah, S.Ag.,M.Si selaku Kabid GTK Kota Singkawang. Beliau menyampaikan dalam pidato singkatnya bahwa guru butuh kecerdasan untuk terus menghadapi tantangan dunia saat ini, dan semoga IGI terus bekerjasama dengan pihak manapun untuk mencerdaskan guru. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta dari berbagai sekolah yang ada di Kota Singkawang Mulai dari jenjang SD sampai SLTA.      

        Dalam kegiatan ini terdapat 5 narasumber yang merupakan trainer terlatih dari IGI kota Singkawang.  

        Sesi pertama dimulai oleh Bapak Helmi Fauzi, S.H dari Dewan Pendidikan Kota Singkawang membawakan materi dengan judul The five Industrial Revolution.

    Suhendra, S.Sos sebagai pembicara kedua dari redaktur Suara Kalbar.co.id membahas mengenai tata cara menulis sebuah berita yang baik dan benar. Beliau juga menjelaskan lebih dalam tentang cara menulis berita dengan gaya jurnalistik. 

        Pada sesi ketiga, dilanjutkan dengan pembahasan materi tentang cara membuat blog pribadi yang dibawakan lansung oleh Bapak Andri Suwandi, S.Pd dari IGI. Di sesi ini, Beliau memjelaskan pengertian blog, cara membuat akun blog pribadi dan tata cara membuat tampilan akun blog lebih menarik serta memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Pada sesi ini seluruh peserta workshop diajak untuk membuat akun blog pribadi menggunakan laptop yang telah peserta bawa.

        Workshop "Literasi Digital (SAGUSAMED dan SAGUSAPIJAR/EDU GAME)” juga diisi oleh Bapak Arie Tiyawarman, S.Pd dan Bapak Sigit Aprisama, M.Pd. Di dalam sesi ini dibahas mengenai pemanfaatan game pembelajaran wordwall, dan merancang pembejaran berdiferensiasi dan penerapannya di dalam kelas. Pada sesi ini juga langsung diaplikasikan oleh seluruh perserta tentang bagaimana pemanfaatan game dalam meningkatkan minat belajar siswa.

        Dengan adanya kegiatan workshop ini diharapkan kolaborasi antara Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Dinas Pendidikan Kota Singkawang dapat terus berkembang dan ikut memajukan inovasi teknologi digital di Indonesia khususnya di Kota Singkawang, dengan diterapkannya pembelajaran yang berbasis teknologi sehingga bisa meningkatkan kemampuan digital guru yang akan berdampak majunya pendidikan di Indonesia.

        Acara workshop "Literasi Digital (SAGUSAMED dan SAGUSAPIJAR/EDU GAME)" ini dapat berjalan dengan sukses berkat adanya dukungan penuh dari berbagai pihak seperti Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Dinas Pendidikan Kota Singkawang. Selain itu, para pemateri dan keterlibatan para peserta workshop juga sangat berperan penting dalam mensukseskan acara ini. Semoga IGI selalu menjadi yang terdepan untuk terus menggandeng guru khususnya kota Singkawang untuk selalu lebih maju, Lets us Sharing, Growing and Leading Together. 

 

 

0 comments:

Post a Comment